Sabtu, 05 November 2011

Twitter

Diposting oleh sarahabibah di 05.40
    Siapa sih yang ngga tau twitter? Udah banyak penggunanya. Twitter adalah jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Indonesia menempati peringkat ke-6 terbanyak yang menggunakan twitter. 
    Perkembangan twitter cuku pesat Macy dan mahasiswa pascasarjana Scott Golder menganalisis lebih dari 500.000 update 2,4 juta pengguna Twitter di 84 negara selama 2 tahun. Data dibagi menjadi kelompok-kelompok update berdasarkan jam. Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet". Pendapatan twitter sebesar $400,000 Q3 (2009)

   Sehingga twitter menjadi sasaran para hacker untuk mencuri data pengguna untuk kepentingan pribadi. Ada 10 tips aman nge-tweet yang bisa dilakukan supaya terhindar dari pencurian data pengguna:
1. Batasi Pembicaraan Anda
Penggunaan Twitter yang mudah membuat para pengguna sering melakukan Tweet tentang lokasi dan kegiatan mereka. Namun, para pengguna sering tidak menyadari bahwa akun mereka merupakan akun publik (tidak dilindungi ataupun dibatasi), maka semua orang bisa melihat tweet mereka tersebut. Komentar-komentar ringan yang diberikan sebagai tanggapan dari tweet tersebut lama-kelamaan bisa digunakan untuk mengetahui jadwal kegiatan dan rencana harian pengguna itu. Para penjahat bisa menggunakan hal ini untuk menjadikan pengguna tersebut korban berikutnya.
2. Berhati-hatilah Membuka Link
Berhati-hatilah membuka link yang Anda dapatkan. Banyak orang yang menggunakan layanan pemendekan URL di Twitter, hingga memang sulit untuk benar-benar mengetahuiwebsite yang akan Anda kunjungi. Produk keamanan web seperti AVG LinkScanner memang dapat digunakan untuk memeriksa link tersebut. Namun, sebaiknya Anda tidak membuka link tersebut apabila Anda memang benar-benar ragu.
3. Waspadalah
Waspadalah dengan kegiatan-kegiatan mencurigakan di timeline atau inbox Anda. Bila Anda mulai mendapatkan pesan-pesan yang mencurigakan atau teman-teman Anda mulai mentweet atau mengirimkan pesan-pesan berbau spam, sebaiknya Anda pastikan terlebih dahulu apakah akun rekan Anda telah menjadi sasaran hacker.
4. Berpikirlah sebelum tweeting
Tweet Anda dapat dibaca oleh semua orang di seluruh dunia. Bahkan setelah dihapus, tweet Anda masih tetap dapat dilihat dengan menggunakan mesin pencari. Pikirkanlah baik-baik apa yang hendak Anda tulis, karena konsekuensi tulisan Anda mungkin akan lebih jauh dari yang Anda perkirakan. Menggunakan hashtag juga akan semakin mempermudah pencarian tweet Anda.
5. Jangan Lekas Percaya
Anda tidak pernah tahu siapa saja follower Anda di twitter. Jangan mudah percaya dan berteman dengan orang-orang yang mungkin memiliki niat buruk.
6. Periksalah Aplikasi Pihak Ketiga secara Seksama
Ada ratusan aplikasi yang dapat Anda gunakan di Twitter. Sebelum Anda menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, pastikan keamanan mereka. Carilah aplikasi-aplikasi yang banyak dibahas di situs-situs terpercaya. Ingat bahwa aplikasi-aplikasi ini sering membutuhkan password dan username Anda.

Banyak aturan dasar keamanan situs jejaring sosial lainnya yang juga bisa Anda terapkan di Twitter, seperti:
7. Informasi Password
Gunakan password berbeda untuk tiap akun jejaring sosial Anda. Bila Anda ingin lebih aman, ciptakan e-mail berbeda untuk akun-akun jejaring sosial Anda. Dengan begitu, bila Anda menutup akun jejaring sosial Anda, Anda dengan mudah dapat menghapus akun e-mail tersebut.
8. Saat Log in
Periksalah pengaturan browser yang Anda gunakan. Pastikan bahwa informasi Anda tidak terekam bila Anda menggunakan komputer bersama.
9. Waspadalah Terhadap Serangan Phising
Berhati-hatilah atas usaha-usaha untuk mendapatkan informasi pribadi Anda melalui tweet atau DM yang menipu.
10. Saat Menggunakan Telepon Seluler
Berhati-hatilah dengan telepon seluler Anda dan siapa-siapa saja yang dapat menggunakannya. Bila Anda memiliki aplikasi Twitter, pastikan Anda selalu log out setelah Anda menggunakannya.

    Banyak banget yang diomongin ditwitter banyaknya sih soal galau gitu tapi ngga itu semua, banyak informasi yang kita dapet dari tweet orang lain tanpa nonton tv. Tapi twitter bikin males segalanya kalo bahasa twitternya sih "mager" alias males gerak apalagi males belajar-_-.
    Kecanggihan teknologi teknologi twitter tanpa disadari dapat menyedot waktu untuk hanya untuk berinteraksi dengan temannya ditwitter dan update status. Banyak waktu yang seharusnya dipakai untuk hal yang bermanfaat dipakai untuk membuka twitter dan hanya check mention masuk.
    Pernah ada jejaring sosial baru kaya twitter namanya Hello, banyak yang sign up Hello tapi jadi sepi lagi gara-gara balik lagi ketwitter. Banyak yang udah addicted sama twitter. Ini dia 5 hal mengapa banyak orang yang menggunakan twitter:
1. Sederhana 
Tidak ada games, tidak berantakan. Seperti Google, pencipta Twitter tahu bahwa hal-hal sederhana dalam hidup adalah yang terbaik, sehingga menggunakan Twitter begitu mudahnya. Kesederhanaan merupakan salah satu alasan Twitter hingga bisa sukses dan banyak digunakan oleh semua kalangan usia diseluruh dunia. Meskipun pada awalnya banyak orang yang meragukan situs jejaring sosial ini, tapi kesederhanaan inilah yang akhirnya membuat banyak orang ingin memiliki akun Twitter.
2. Pengalih Perhatian Twitter bisa membuat anda benar-benar sibuk, apalagi ketika sedang berada di kantor. Tautan-tautan pengalih perhatian bisa membuat lupa dengan pekerjaan anda. Jadi hati-hati mengklik tautan yang anda terima.
3. Kecepatan Berita 
Banyak orang menggunakan Twitter saat ini karena keakuratan berita yang secara real time bisa dipertanggungjawabkan. Bahkan stasiun televisi khusus berita CNN telah menggunakan Twitter untuk membuat pemirsanya up to date pada apa yang terjadi di seluruh dunia.
4. Apapun Tersedia di Timeline 
Anda pecinta salah satu produk kecantikan, penikmat makanan Jepang, atau mungkin anda ingin mencari tahu mengenai diskon di pusat perbelanjaan? Sadar ataupun tidak kemudahan mengenai informasi yang anda butuhkan tentang apapun bisa anda temui di linimasa.
5. Jawaban Pertanyaan Sulit 
Jika Anda mempunyai pertanyaan yang menyulitkan diri anda sendiri, maka hanya dengan men-tweet pertanyaan tersebut, maka respon akan datang bertubi-tubi dari followers anda. Anda tidak akan pernah merasa sendirian di ranah Twitter. Pertanyaan maupun pernyataan akan selalu mengundang followers anda untuk berkomentar.

    Selain itu ada pengguna twitter yang tadinya cuma bikin account twitter iseng-iseng mendadak jadi terkenal. Mungkin karena usernamenya yang sedikit aneh dari yang lain @poconggg dan tweetnya emang gokil dan bikin galau-_- Dulu identitas si poconggg ini ngga ada yang tau, misterius banget sampe ada yang bocorin identitas si poconggg itu. Ternyata nama asli si poconggg itu Arief Muhammad yang masih kuliah di Trisakti jurusan Ilmu Hukum. Sekarang dia muncul acara Trans TV nama acaranya The Hits. So, ada yang mau ikutin jejaknya @Poconggg?
    
    

0 komentar:

Posting Komentar

 

SARAH HABIBAH Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea